KLAIM BPJS Ketenagakerjaan

Halooo~

kali ini aku mau meng-klaim dana bpjs ketenagakerjaan di daerah Sudirman nih. Aku sampai di lokasi jam setengah 10 pagi. Sesampainya di sana aku masuk dan langsung bertemu security. Ditanya apa keperluannya dan aku bilang aja mau klaim BPJSTK. Setelah itu, aku disuruh isi absen pengunjung gitu dan di kasih form utk di isi serta sebuah map. Setelah aku isi form nya, disana ada ceklis utk dokumen2 apa aja yg harus dibawa. Yg pasti sih kartu BPJSTK nya terus fc ktp, kk, paklaring, surat pengantar dari kantor dan buku tabungan (aku BCA).

Sudah lengkap semua, kemudian semua dokumen tsb dimasukan ke dalam map yg diberikan tadi lalu dimasukan ke drop box yg berada di depan atau di samping mbak CS nya. Nah disini nih, penantian panjang kalian akan dimulai. Aku saranin sih perginya sama temen atau bawa powerbank yg banyak (disediakan tempat utk charge hp juga) biar gak bete nunggu nya haha oya disini juga ada service area nya loh. Jadi buat kalian yg haus atau bawa baby ada ruangan khusus nya. Jangan lupa utk pakai jaket atau semacamnya ya, karena dingin banget ACnya hehe.

Aku udah menunggu 2 jam dan blm dipanggil juga. Gimana nasib yg dari jam 8 pagi, jam 12 siang ini (1 agustus 2017) baru dipanggil utk Pemeriksaan Dokumen dan mendapatkan nomer antrian. Mengantri lagi hingga giliran utk Pelayanan Klaim mengumandangkan nama aku. Akhirnya setelah istirahat makan siang selang 50 menit namaku dipanggil. Betapa bahagia nya diriku saat itu. Proses klaim paling cepat 3 hari dan paling lama 7 hari kerja. Setelah dari bagian Pelayanan Klaim, maka kita akan di arahkan menunggu (lagi) utk pengambilan kartu BPJSTK (bukan penerima upah) nya yg langsung jadi. Sebenernya sih singkat untuk proses klaim dana BPJSTK ini, mungkin karena ramai jadinya kita di haruskan menunggu lebih lama lagi. Jadi singkat cerita alurnya begini:
  1. Letakan dokumen2 kalian tadi ke dalam drop box
  2. kemudian menunggu nama kalian dipanggil utk pemeriksaan dokumen dan mendapatkan nomer antrian
  3. setelah menunggu antri, kalian ke cs bagian Pelayanan Klaim utk pengisian form dan yang terakhir menunggu kartu BPJSTK (bukan penerima upah) langsung jadi
  4. Nah yg terakhir kita tinggal menunggu deh hingga dana nya di transfer ke rekening kita.


Tips utk kalian, sebelum klaim ke cabang BPJS nya pastikan dokumen2 kalian sudah lengkap dan benar ya. Kartu Keluarga jangan lupa untuk ditanda tangani terlebih dahulu oleh kepala keluarga. Security disana bilang itu sering menjadi ZONK buat kita. Biar gak mondar-mandir gitchuu dehh :D jangan lupa bawa semua dokumen aslinya yaa.. 

Sekian yaa, semoga artikel ini bermanfaat utk kalian. Kalau masih ada yg blm jelas juga bisa komen dibawah ya ^^

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KLAIM BPJS Ketenagakerjaan"

Post a Comment